Header Ads

Beras Organik Ngawi

INFOUKM NGAWI - Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam setiap harinya. Sandang, pangan, papan, merupakan kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan untuk menjaga kelangsungan hidup.

Pangan, dipenuhi dengan kebutuhan bahan pokok yang jika dilihat khususnya di Ngawi makanan pokoknya adalah nasi. Nasi bersumber dari beras yang rata - rata diproduksi oleh petani lokal dan ada pula yang mengandalkan pasokan beras dari luar daerah dengan dalih lebih enak dan sebagainya.

Kabupaten Ngawi mempunyai areal pertanian yang sangat luas. Selain petani memproduksi padi biasa, dengan hasil beras biasa yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang, salah satu kecamatan di Ngawi pun menghasilkan produk Beras Organik.

Beras organik adalah beras yang ditanam di tanah yang ramah lingkungan, 100% tidak menggunakan pestisida kimia. Perlu waktu lama untuk menghasilkan beras organic yang betul-betul murni.

Kenapa ? karena untuk mengembalikan ekosistem tanah yang sudah lama terkontaminasi oleh pestisida tidaklah mudah dan cepat, perlu waktu lama, idealnya 5 sampai dengan 15 tahun. Selain harus mengembalikan ekosistem tanah, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar menghasilkan beras organic yang berkualitas, diantaranya adalah :

  • Lokasi lahan harus jauh dari polusi, misalnya : asap knalpot motor, limbah pabrik dll.
  • Sistem pengairan harus baik, tidak boleh bercampur dengan lahan pertanian yang belum organic (masih menggunakan pestisida),
  • Kontur tanah Terasiring.
  • Lahan-lahan pertanian yang berada di sekitarnya tidak boleh menggunakan pestisida.

Beras Organik Ngawi merupakan produk dari Komunitas Ngawi Organik Center [KNOC] yang telah berpengalaman sejak 2009 yang mempunyai moto Lemah Mati Dadi Urip dan Gila [Gerakan Inan Lestari Alam]. KNOC terletak di Desa Guyung, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi.

Salah satu pelaku bisnis Beras Organik Ngawi secara online adalah KangenNgawi, menyediakan produk beras putih, beras merah, beras hitam, dan juga beras campur dalam lapak onlinenya.

No comments

Powered by Blogger.